Langsung ke konten utama

Postingan

Security Managemen

FirewallApa itu Firewall? Firewall adalah sebuah sistem atau perangka yang memberikan akses lalu lintas jaringan ketika pengakses tersebut di rasa aman dan bukan sebuah ancaman. Dengan kata lain firewall berarti sistem pengamanan jaringan yang membolehkan atau tidak suatu jalur untuk di akses oleh user. Umumnya firewall terdedikasi lewat jaringan gateway atau gerbang antar jaringan lokal dan lainnya. Umumnya firewall digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan baik dari jaringan pribadi maupun dari luar.
Dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengimplementasikan jaringan internet ke sistem perusahaan, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut menjadi harga mati atau hal wajib. Mengingat semakin maraknya pelaku spionase atau pencurian data melalui alur jaringan internet. Jadi firewall merupakan sebuah sistem atau mekanisme pengamanan jaringan internet berdasar pada data yang diperbolehkan masuk melalui jaringan tersebu…
Postingan terbaru

Security Management

Keamanan JaringanKeamanan jaringan merupakan bagian dari sistem informasi yang sangat penting guna untuk memproteksi atau melindungi data dari ancaman luar yang tidak berhak agar validasi data tetap terjaga. Komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet ataupun lokal akan semakin rawan terhadap serangan dari luar dari pada komputer yang tidak terhubung ke dalam jaringan. Dengan adanya Network Security ancaman-ancaman jaringan dari luar akan dapat di minimalisir. Ada 2 elemen penting untuk pengamanan jaringan :

1.Pengamanan Fisik (Hardware) dan Maya (Software), pada elemen ini pengamanan  jaringan diberikan baik dari segi fisik(Hardware) maupun maya (sofware).
2.Rencana pengamanan, elemen pengamanan yang kedua yaitu rancangan pengamanan yang nantinya akan diimplementasikan kejaringan agar terhindar dari ancaman luar. Prinsip Dasar Keamanan JaringanTerdapat tiga bagian prinsip dasar keamanan jaringan, yaitu; 1.availability / ketersedian Hanya user tertentu saja yang mempunyai hak akses a…

Mengenal JavaScript

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentangApa Sih HTML dan XHTML....?dan sekarangkita akan membahas tentang JavaScript yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman. Mungkin salah satu dari agan dan sista juga pernah membaca disebuah buku atau web di internet tentang JavaScript. Lalu apa sih itu JavaScript? 
JavaScriptadalah bahasa pemograman web yang bersifat Client SideProgramming Language. JavaScript sendiri merupakan bahasa scripting yang sering di gunakan untuk membuat aplikasi sebuah web, yang mempunyai sifat client-side sehinggga dapat di otak-atik secara langsung lewat Browser tanpa harus terhubung kesebuah Server. Kata Java bukan berarti memiliki kesamaan atau terhubung oleh bahasa pemrograman Jawa, walau pun keduanya memiliki kesamaan dalam hal syntax yang meniru bahasa C. Nama pertama dari JavaScript adalah LiveScript yang kemudian diganti menjadi JavaScript karena adanya perjanjian kerja sama antara Netscape dan Sun dengan balasan Netscape diperbolehkan untuk membu…

JARINGAN NIRKABEL(WIRELESS NETWORK)

Selamat datang diblog ane lagi :). kali ini artilek ane yang berjudul Jaringan Nirkabel akan mengulas tentang sejarah jaringan nirkable atau jaringan wireles.

    Jaringan nirkabel (wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem (komputer) tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat atau pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi : 

1. Jaringan kawasan lokal nirkabe(wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.
   Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti:gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya inframerah. Pada tahun 1970 Norman Abramson, seorang profesor di U…

Mengenal HTML dan XHTML

Apa Sih HTML dan XHTML....?
hallo gan gimana kabarnya? :) semoga baik2 aja...
pertama ane ucapin terimakasih karena agan udah sempetin mampir ke blog ane, walaupun tak sebagus blog yg lain siihh...!! hhee...
langsung aja gan...! kita kulas abis tentang apa itu HTML dan XHTML, tentunya kita sudah tak asing lg y gan dengan yang namanya HTML dan XHTML? tp terakadang kita belum tau apa itu HTML dan XHTML. .HTML, merupakan singaktan dari Hypertext Markup Language, merupakan bahsa yang digunakan untuk menyusun tampilan yang terlihat dihalaman web. HTML medium untuk mendiskripsikan struktur dan informasi melalui dokumen yang berbasis teks. Caranya adalah dengan menentukan teks tertentu sebagai heading, paragraf, list, dan sebagainya. HTML dapat digunakan untuk membuat sebuah informasi tekstual memiliki bentuk yang interaktif, bahkan bisa juga menampilkan gambar dan objek lainnya. HTML ditulis menggunakan tag yang ditutup dengan tanda lebih kecil (<) dan lebih besar (>). HTML juga bisa …

Menginstal Windows XP

MENGINSTAL WINDOWS XP windows xpCara collection installatioinstalln intallation type :upgrade (recommended) lalu next accept this agreement lalu next


tulis kode :7QVT6-T27738-WRKJB-YKRFQ-XVK98 pilih next pilih :show me hadware issues and a limited set of software issues (recomended) lalu next pilih no,skip exiting install windows (recomended) Next lalu tunngu (loading) ok ok helpprotect my PC by turing on outomotic ketik your name next finish

Install Komputer

Selamat sore rekan-rekan semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara menginstal komputer. Tentunya bagi kalian2 ini sangat mudah bukan? tapi kadang kala ada yang belum tau bagaimana cara Mengistal Komputer sendiri. Nah kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstal nya. Tak usah panjang lebar nanti dikira rempong langsung saja ketopik pembicaraan. :D
     Kalau anda mempunyai komputer dan takut kalau sistem komputer anda dirusak virus atau takut software software yang ada di program file anda hilang, atau anda tidak mempunyai driver untuk komputer, jangan khawatir karena anda bisa menyimpan images atau backup windows anda beserta semua program yang sudah anda instalkan. anda bisa menyimpannya di Hardist , flashdisk, atau di cd. baik itu harddisknya menggunakan OS win ME, 98, 2000 XP , Vista, maupun Linux. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah download dulu software Hiren’s Boot CD versi. 9.0 atau versi lainnya sekar…

Mengenal Internet

Apa Itu Internet?

Internet tentunya sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga kita, bahkan kerap kali kita menggunakan,menyebutkan dan membicarakan namun terkadang kita hanya tau tanpa mengerti. :)
Benar bukan?
Nah.. kali ini kita akan mengulas atau mengutak atik atik (bahasa jawa ngerteni) tentang sejarah internet.
Internet berasal dari kata inter dan networking artinya sebuah lalu lintas jaringan besar yang tersusun dari jaringan-jaringan. Yang membuat internet menjadi sebuah sumber informasi yang sangat hebat adalah ukurannya yang sangat masif, mengingat jaringan-jaringa yang tergabung ke internet dari seluruh dunia, seperti ada jaringan militer, pendidikan, perorangan, bisnis dan lain sebagainya. :)
Dengan  menggunakan internet, dunia serasa menjadi sekecil daun kelor atau istilah lain setelapak tangan lah. :D
Apa yang terjadi di Negara lain seketika itu pula akan diketahui. Begitu pula apa yang sedang terjadi di Indonesia dan di negara-negara lain.
Karena kehebatannya ini, Banyak…